Contoh Karya Tulis Taman Pintar Yogyakarta
TAMAN PINTAR YOGYAKARTA
Karya tulis ini disusun untuk meningkatkan kemampuan
Menulis karya ilmiah sederhana
Tahun pelajaran 2013/2014
Menulis karya ilmiah sederhana
Tahun pelajaran 2013/2014
Disusun oleh :
Nama :
No :
Kelas :
SEKOLAH MENEGAH PERTAMA NEGERI 1
TAHUN 2014
PERSETUJUAN
Karya tulis ini disetujui oleh pembimbing karya tulis SMP Negeri 7 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014.
Hari :
Tanggal :
Pembimbing Karya Tulis
(................................)
NIP.
PENGESAHAN
Karya tulis ini disahkan oleh Kepala sekolah SMP Negeri 7 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014.
Hari :
Tanggal :
Kepala SMP N
(................................)
NIP.
MOTTO
1. Buku adalah jendela dunia
2. Peluang selalu dihampit kesulitan
3. Ciptakan kreasi untuk berkreasi
4. Ilmu lebih baik daripada harta
5. Tuntutlah ilmu sampai negeri Cina
6. Sertakan doa dalam usaha
7. Raihlah ilmu setinggi mungkin
8. Guru adalah guru yang sabar
9. Kebersihan itu milik orang lain
10. Bulatkan tekad penuh semangat
PERSEMBAHAN
Karya tulis ini dipersembahkan penulis untuk orang-orang yang selalu mendukung penulis :
1. Kedua orang tua saya yang yang tercinta
2. Adik, kakak tersayang
3. Ibu & Bapak guru yang saya hormati
4. Teman-teman yang saya cintai
5. Para pembaca yang budiman
6. Semua pihak yang membantu dalam pembuatan karya tulis ini
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji syukur saya panjatkan kepada kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan karya tulis ini dengan Judul “TAMAN PINTAR”.
Dalam karya tulis yang sederhana ini saya akan menggambarkan sedikit bagaimana keindahan suasana Taman Pintar yang berada di Yogyakarta ini.
Seiring terselesaikannya penulisan karya tulis ini, maka penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada :
1. Bapak ............... selaku kepala sekolah SMP NEGERI
2. Ibu ................... selaku pembimbing karya tulis dan wali kelas VIII D
3. Bapak/Ibu guru yang telah memberikan izin untuk mengikuti karya tulis
4. Semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan
Penulis menyadari dalam penulisan karya tulis ini banyak kekurangan baik dalam materi, teknik, maupun penyajian data. Hal ini dikarenakan terbatasnya kemampuan yang penulis miliki, oleh karena itu dengan kerendahan hati penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan karya tulis ini.
Akhirnya penulis berharap semoga karya tulis yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi para pembaca pada umumnya dan penulis pada khususnya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
Penulis
(........................)
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL .......................................................................................... i
PERSETUJUAN ............................................................................................... ii
PENGESAHAN ............................................................................................... iii
MOTTO ......................................................................................................... iv
PERSEMBAHAN ............................................................................................. v
KATA PENGANTAR ........................................................................................ vi
DAFTAR ISI .................................................................................................. vii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah ............................................................... 1
1.2 Tujuan Penulis .............................................................................. 1
1.3 Metode Penulisan ......................................................................... 1
1.4 Sistematika Penulisan .................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Sejarah Taman Pintar ...................................................................
2.2 Logo Taman Pintar .......................................................................
2.3 Faktor Penarik Taman Pintar sebagai Tujuan Wisata.....................
2.4 Wahana di Taman Pintar ..............................................................
BAB III PENUTUP
3.1 Simpulan .....................................................................................
3.2 Saran ...........................................................................................
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Penulis menyusun karya tulis yang berjudul “TAMAN PINTAR” dengan alasan sebagai berikut :
1. Penulis ingin mengetahui lebih dekat tentang situasi dan kondisi “TAMAN PINTAR”
2. Penulis ingin mengetahui lebih dekat seputar “TAMAN PINTAR”
3. Penulis ingin mengetahui fasilitas yang ada di “TAMAN PINTAR”
1.2 Tujuan Penulis
Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk :
1. Meningkatkan kemampuan menulis karya tulis
2. Membubuhkan apresiasi terhadap peranan “TAMAN PINTAR” dalam kehidupan modern
3. Menggugah masyarakat pada umumnya dan penulis khususnya tentang tempat wisata modern
1.3 Metode Penulisan
Dalam mengumpulkan data tentang penulisan tersebut penulis menggunakan beberapa metode, yaitu:
1. Observasi
Penulis mengadakan pengamatan langsung pada tempat yang dijadikan sumber informasi
2. Studi perpustakaan
Pencarian data baik dari media cetak seperti buku dan media elektronik seperti internet untuk menambah perbendaharaan data agar karya tulis ini dapat sempurna
3. Wawancara
Penulis mengadakan tanya jawab secara langsung dengan pihak yang bersangkutan petugas yang ada.
1.4 Sistematika Penulisan
Dalam penyusunan karya tulis ini penulis menggunakan sistematika penulisan sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
1.2 Tujuan Penulisan
1.3 Metode Penulisan
1.4 Sistematika Penulisan
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Sejarah Taman Pintar
2.2 Logo Taman Pintar
2.3 Faktor Penarik Taman Pintar sebagai Tujuan Wisata
2.4 Wahana di Taman Pintar
BAB III PENUTUP
3.1 Simpulan
3.2 Saran
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Sejarah Taman Pintar
Sejak terjadinya ledakan perkembangan sains sekitar tahun 90-an, terutama
teknologi informasi pada gilirannya yang telah menghantarkan peradaban
manusia menuju area tanpa batas. Perkembangan sains ini adalah sesuatu
yang patut disyukuri dan tentunya menjanjikan kemudahan-kemudahan bagi
perbaikan kualitas hidup manusia.
Menghadapi realitas perkembangan dunia semacam itu dan wujud kepedulian terhadap pendidikan, maka pemerintah kota Yogyakarta menggagas sebuah ide untuk pembangunan “Taman Pintar”. Target pembangunan Taman Pintar adalah memperkenalkan sains kepada siswa dari dini, harapan yang lebih luas kreatifitas anak didik terus diasah, sehingga bangsa Indonesia tidak hanya menjadi sasaran eksploitasi pasar teknologi sendiri. Bangunan Taman Pintar ini dibangun dengan adanya keterkaitan yang erat antara fungsi dan kegiatan bangunan di sekitarnya, seperti Taman Budaya dan Benteng Vrebuderg.
Pembangunan tahap II adalah gedung oval lanai I dan II. Serta gedung kotak lantai I diresmikan dalam Soft Opening II tanggal 9 Juni 2007 oleh Mendiknas Bambang Sudibyo dan Menristek Kusmanto Kadiman serta dihadiri oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X.
Menghadapi realitas perkembangan dunia semacam itu dan wujud kepedulian terhadap pendidikan, maka pemerintah kota Yogyakarta menggagas sebuah ide untuk pembangunan “Taman Pintar”. Target pembangunan Taman Pintar adalah memperkenalkan sains kepada siswa dari dini, harapan yang lebih luas kreatifitas anak didik terus diasah, sehingga bangsa Indonesia tidak hanya menjadi sasaran eksploitasi pasar teknologi sendiri. Bangunan Taman Pintar ini dibangun dengan adanya keterkaitan yang erat antara fungsi dan kegiatan bangunan di sekitarnya, seperti Taman Budaya dan Benteng Vrebuderg.
Pembangunan tahap II adalah gedung oval lanai I dan II. Serta gedung kotak lantai I diresmikan dalam Soft Opening II tanggal 9 Juni 2007 oleh Mendiknas Bambang Sudibyo dan Menristek Kusmanto Kadiman serta dihadiri oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X.
Pembangunan tahap III adalah gedung kotak lantai II dan III tampak
presiden dan gedung memorabilia. Dengan selesainya tahapan pembangunan,
grand opening Taman Pintar dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2008
yang diresmikan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudoyono.
2.2 Logo Taman Pintar
Maknanya :
a. Kembang api adalah simbolisasi dari intelegensi dalam imajinasi.
b. Dalam bahasa Jawa, kembang api menggambarkan “Mletik” = Pintar = “Padhang mak byar” = Pintar
c. Kembang api merupakan sesuatu yang menyenangkan, menghibur, sesuai dengan visi taman pintar sebagai wahana ekspresi, apresiasi, dan kreasi sains dalam suasana yang menyenangkan.
d. Gambar logo yang keluar mengandung makna “Out Ward Looking”, selalu melihat keluar untuk terus belajar mengikuti dinamika perubahan di luar dirinya.
e. Gambar logo tampak seperti matahari mengandung makna menyinari sepanjang masa.
f. Efek perspektif adalah simbolisasi sesuatu yang tinggi “cita-cita”, pengharapan taman pintar akan generasi muda Indonesia, khususnya Yogyakarta dalam meraih cita-citanya.
g. Wahana gabungan hijau-biru melambangkan pertumbuhan tak terbatas
h. Maskot taman pintar adalah burung hantu bernama tepi. Burung hantu adalah spesies burung yang banyak melakukan aktifitas di malam hari. Dengan kepekaan yang dimilikinya. Ia mempelajari alam sekitarnya dengan merasakan semua kejadian alam yang ada di sekelilingnya.
b. Dalam bahasa Jawa, kembang api menggambarkan “Mletik” = Pintar = “Padhang mak byar” = Pintar
c. Kembang api merupakan sesuatu yang menyenangkan, menghibur, sesuai dengan visi taman pintar sebagai wahana ekspresi, apresiasi, dan kreasi sains dalam suasana yang menyenangkan.
d. Gambar logo yang keluar mengandung makna “Out Ward Looking”, selalu melihat keluar untuk terus belajar mengikuti dinamika perubahan di luar dirinya.
e. Gambar logo tampak seperti matahari mengandung makna menyinari sepanjang masa.
f. Efek perspektif adalah simbolisasi sesuatu yang tinggi “cita-cita”, pengharapan taman pintar akan generasi muda Indonesia, khususnya Yogyakarta dalam meraih cita-citanya.
g. Wahana gabungan hijau-biru melambangkan pertumbuhan tak terbatas
h. Maskot taman pintar adalah burung hantu bernama tepi. Burung hantu adalah spesies burung yang banyak melakukan aktifitas di malam hari. Dengan kepekaan yang dimilikinya. Ia mempelajari alam sekitarnya dengan merasakan semua kejadian alam yang ada di sekelilingnya.
2.3 Faktor Penarik Taman Pintar sebagai Tujuan Wisata
a. Letaknya yang sangat strategis dan mudah sekali dijangkau
Taman pintar berlokasi di jantung Kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan
Panembahan Senopati No. 3 Yogyakarta, Indonesia. Lokasi taman ini
sebelumnya merupakan lokasi Shooping Center yang kini direlokasi ke
sebelah utara taman ini, bersebelahan dengan Taman Budaya Yogyakarta,
Gedung Societet Militair, dan Pasar Beringharjo. Di sebelah selatan
taman ini terdapat Bank Indonesia cabang Yogyakarta, Kantor Pos Besar
Yogyakarta, dan Keraton Yogyakarta. Di sebelah timurnya terdapat Pos
Polisi, sedangkan di sebelah baratnya terdapat Monumen Serangan Umum 1
Maret, Benteng Vredeburg, Gedung Agung dan Jalan Malioboro.
Akses menuju taman pintar tidak terlalu sulit karena letaknya persis di pinggir utara Jalan Panembahan Senopati No. 3. Di samping itu, taman ini juga relatif dekat dengan Bandara Adi Sucipto (sekitar 8 km), dari Terminal Giwangan (sekitar 6 km), dari stasiun Lempuyangan (sekitar 3 km), dan dari Stasiun Tugu (sekitar 2 km).
Akses menuju taman pintar tidak terlalu sulit karena letaknya persis di pinggir utara Jalan Panembahan Senopati No. 3. Di samping itu, taman ini juga relatif dekat dengan Bandara Adi Sucipto (sekitar 8 km), dari Terminal Giwangan (sekitar 6 km), dari stasiun Lempuyangan (sekitar 3 km), dan dari Stasiun Tugu (sekitar 2 km).
b. Memiliki nilai edukasi yang tinggi
Secara garis besar, materi isi taman ini terbagi menurut kelompok usia dan penekanan materi. Untuk kelompok usia, dibagi menurut tingkat pra sekolah, taman kanak kanak, sekolah dasar, hingga sekolah menengah. Sedangkan untuk penekanan materinya, diwujudkan dalam bentuk interaksi antara pengunjung dengan materi yang disampaikan melalui anjungan yang ada, mulai dari anjungan permainan, anjungan pengenalan, anjungan materi ilmu dasar, hingga anjungan penerapan iptek. Format materinya disusun dalam bentuk sub-sub tema dan zona ruang sebagai media penyampaian materi yang terkandung.
Disini anak-anak bukan hanya dapat bermain secara menyenangkan, namun juga sambil belajar dan tentu menyenangkan. Beragam wahana dibuat semenarik mungkin sehingga anak-anak secara tidak sadar sedang menjalankan proses pendidikan yang sangat positif bagi perkembangan mental dan fisiknya.
c. Tempat wisata yang menarik
Semua keluarga dapat menikmati taman wisata ini. Mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua. Tempatnya yang berwarna-warni menambah kesemarakan taman yang penuh wahana edukasi ini. Beragam wahana yang ada disini pun menjadi daya tarik tersendiri seperti adanya Playground area, Gedung PAUD barat dan PAUD timur, Gedung Oval lantai 1, Gedung Oval lantai 2, Gedung kotak lantai 2, dan Gedung Memorabilia. Pada masing-masing zona memiliki berbagai wahana unggulan, antara lain taman Bermain, Penjelajah Kecil, Petualangan Lingkungan, Titian Penemuan, Titian Sains, Jembatan Sains,Indonesiaku, Teknologi canggih, dan Teknologi Populer.
d. Lingkungan yang Bersih
Banyak yang berkunjung ke Taman Pintar ini mengaku karena nyamanberada di dalamnya. Pengujung merasakan keyamanan tentu karena kebersihanlingkungan yang senantiasa di jaga baik oleh pengunjung maupun pengelola. Ketika kami melakukan observasi hampir tidak terlihat sampah berserakan, hanya bisa dijumpai beberapa daun kering yang berguguransecara alami, itupun sangat sedikit jumlahnya.
e. Harga Tiket Masuk Terjangkau
Biaya yang dikeluarkan pun sangat murah, jika hanya ingin berjalan-jalan di areal Playground Pengujung tidak perlu Mengeluarkan biaya sepeserpun, sedangkan jika ingin masuk ke wahana lain jelas ada tambahan biaya. Misalnya ketika pengunjung inging memasuki Gedung PAUD pengujung dikenai biaya : Rp. 500 / anak bagi anak yang berusia 2 – 7 tahun, biaya masuk Gedung Oval & kotak : Rp. 5.000 / anak, Rp. 15.000 / dewasa, sedangkan Gedung Memorabilia : Rp. 1.000 / anak, Rp. 2.000 / dewasa, dan Teater 3D : Rp. 15.000 / orang.
2.4 Wahana Di Taman Pintar
a. Zona Playground
Saat anda masuk ketaman pintar anda akan di suguhi Zona Playground Area. Jalan masuk dari pintu gerbang terpecah menjadi 2 oleh sebuah koridor yang terdiri atas 3 tiang berbentuk segitiga. Di ujung koridor ada sebuah gong bertuliskan “Gong Perdamaian Nusantara (Sarana persaudaraan dan pemersatu bangsa)”. Di sekeliling gong tersebut terdapat logo dari semua propinsi dan kabupaten yang ada di seluruh Indonesia. Di zona ini ada wahana kolam air mancur, desaku permai, parabola berbisik, sistem katrol, rumah pohon, jembatan goyang, jungkat-jungkit, dan bermain pasir.
b. Gedung PAUD
Bagi anda pengunjung yang mempunyai balita atau anak usia dini, di Taman Pintar ada tempat khusus bermain bagi anak usia dini. Tempat ini memang didesain untuk anak balita. Dan banyak dari pengunjung, khususnya para orang tua yang memanfaatkan tempat ini untuk memberi hiburan sekaligus menyuapi putra-putri mereka saat bermain.
c. Gedung Memorabilia
Gedung memorabilia terdapat di sebelah barat area taman pintar. Di tempat ini para pengunjung dapat melihat miniatur bangunan Keraton Yogyakarta secara detail dan menyeluruh, ada pula foto raja-raja dari Yogyakarta, mulai dari Hamengkubuwono I sampai dengan raja yang sekarang bertahta, yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono X. Anda pun juga dapat melihat miniatur Yogyakarta secara menyeluruh.
d. Gedung Kotak dan Oval
Perlu anda ketahui semua wahana di atas hanyalah wahana sambutan atau halaman taman. Dan wahana yang sebenarnya adalah di gedung oval dan kotak. Ketika anda masuk anda akan langsung melewati lorong bawah air mirip sea world. Di dalam gedung kotak dan oval anda bisa mencoba wahana ilmu pengetahuan dan teknologi apa saja. Disana juga ada petugas yang selalu siap menyapa pengunjung dengan ramah, jika anda ingin bertanya petugas selalu siap melayani.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari kunjungan penulis ke Taman Pintar, maka dapat disimpulkan bahwa :
1. Taman pintar sebagai media belajar yang baik bagi para siswa
2. Taman pintar bisa menambah wawasan bagi pengunjung
3. Bahwa ternyata di Yogyakarta ada tempat yang baik untuk rekreasi dan belajar
3.2 Saran
Dengan uraian di atas penulis menyarankan :
1. Penulis berharap agar Taman Pintar lebih berkembang lagi supaya pengunjung yang datang dapat menambah wawasan yang sangat luas.
2. Penulis berharap ke ramah-tamahan petugas di taman pintar supaya ditingkatkan.
3. Penulis berharap dengan karya tulis ini dapat memberi inspirasi kepada pembaca umumnya dan penulis khususnya.
Pengen kesana lagiii
BalasHapus